GUBERNUR MALUKU UTARA APRESIASI REHABILITASI KANTOR BKKBN PROVINSI MALUKU UTARA

AD
14 September 2018
222
Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba Bersama Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc,

Sofifi - Rabu (12/10/2018),bertempat di Jalan KM 40 Kota Sofifi, Gubernur menghadiri peresmian Rehabilitasi Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku Utara. Peresmian Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara itu dilakukan oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penguntingan pita dan disaksikan juga oleh Forkompinda Provinsi Maluku Utara, Para Pimpinan OPD BKKBN Kabupaten/Kota dan Undangan lainnya.  Acara peresmian rehabilitasi kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara itu dirangkai dengan kegiatan  Sosialisasi dan Pengembangan Program Lini Lapangan di Kampung KB Bersama Mitra Kerja yang bertema “Pengaturan Kelahiran Melalui Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga Menyongsong Bonus Demograrafi 2025-2035

Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc dalam sambutannya menjelaskan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) mengutamakan wilayah-wilayah dengan kriteria tertentu, seperti daerah miskin, wilayah nelayan, wilayah kumuh perkotaan dan daerah tertinggal lainnya. Pada daerah-daerah itu umumnya capaian program KKBPK belum optimal. Melalui kampung KB yang telah dicanangkan oleh bapak Presiden RI pada Januari 2016 lalu, merupakan salah satu wujud nyata implementasi program KKBPK dari pinggiran dan desa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).   Menurut Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, ke depan BKKN harus lebih fokus pada upaya menurunkan fertilitas, guna mengendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk dan mewujudkan keluarga berkualitas dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia, melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).  Program KKBPK juga harus terintegrasi dan sinergi dengan program prioritas pembangunan di daerah sehingga BKKBN harus dapat mengembangkan kerja sama yang baik dengan para pemangku kepentingan, baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten dan Kota. 

Acara peresmian rehabilitasi kantor BKKBN Provinsi Maluku Utara yang dirangkai dengan kegitan Sosialisasi itu dihadiri oleh para kepala OPD Keluarga Berencana Kabupaten/Kota, para camat di wilayah Kota Tidore Kepulauan, para Kepala Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Oba Utara, para Kader PPKB, para Kader Kelompok Kegiatan, Pengurus dan Anggota Kelompok PIK Remaja SMA/SMK di Sofifi, para Duta Gendre Maluku Utara, para Penyuluh KB/PLKB Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Oba Utara.   

Pada acara peresmian itu,  Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutan singkatnya mengapresiasi pembangunan rehabilitasi Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara yang cukup megah di Sofifi.   Pembangunan kantor BKKBN itu menelan anggaran lebih kurang Rp. 8 Milyar yang dibangun dalam 2 (dua) tahap sejak 2017. Pembangunan kantor itu juga dilengkapi dengan pembangunan taman dan jalan lingkungan dengan biaya lebih kurang sebesar Rp. 2 Miliar. Dalam sambutannya Gubernur juga berharap dengan keberadaan kantor yang megah itu, perlu diikuti juga dengan pelayanan yang baik lagi bagi masyarakat di Provinsi Maluku Utara oleh para pegawai BKKBN dan penyuluh KB lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Drs. Putut Riyatno, M. Kes, menjelaskan pula bahwa upaya pembangunan di bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan amanat UU Nomor 52 tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2014.  Amanat tersebut akan dapat diwujudkan dan dilaksanakan dengan baik, manakala ada sinergitas dan komitmen yang tinggi dari pemangku kepentingan dan stake holderyang terkait, termasuk peran serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda. 

Pada kesempatan itu, Putut menyampaikan terima kasih kepada Guberur Maluku Utara yang telah menghibahkan lahan seluas 1,8 Hektar. Putut berpesan untuk atasannya di BKKBN Pusat melalui ibu Deputi KB/KR yang hadir pada acara itu agar dapat mengakomodir anggaran pembangunan mes atau rumah tinggal bagi para pegawainya yang sebagian besar masih berdomisili di Ternate.

© MediaCenter MalutProv

Share :