Promosi Potensi Perikanan Lewat Fishing Morotai

AD
16 September 2016
898

PERIKANAN MENYAPA (PM), MOROTAI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara (Malut) rupanya memiliki berbagai cara untuk terus mempromosikan potensi perikanan dan kelautan. Buktinya beberapa hari lalu, tiga Kepala Bidang lingkup DKP Malut harus mengunjungi Kabupaten Pulau Morotai dalam ranga melakukan koordinasi kesiapan pelaksanaan event Fishing Morotai 2016 bersama DKP setempat. Tiga kepala bidang itu adalah Abdullah Assagaf, S.Pi (Kabid Perikanan Tangkap), Hj. Musyrifah Alhadad (Kabid Penataan Ruang Laut), dan Fauzi Momole, S.Pi (Kabid PSDKP dan P2HP). Setiba di Morotai, tiga Kabid lingkup DKP Malut langsung bertandang ke kantor DKP Morotai dan diterima Kepala DKP Morotai Muchlis Baay, S.Pi, M.Si diruang kerjanya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Abdullah Assagaf, S.Pi, yang mengawali pembicaraan mengkonfirmasi adanya keterlibatan kepanitiaan di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten setempat. Dia mengatakan, struktur kepanitian fishing Morotai 2016 di SK kan langsung oleh Gubernur Maluku Utara dimana Sekretaris Daerah Provinsi (Setprov) selaku Ketua Panitia. “ tujuan kedatangan kami (DKP Malut,red) ke Morotai adalah mengkoordinasikan komposisi kepanitiaan event fishing Morotai yang di SK kan oleh Bapak Gubernur, karena dalam SK tersebut juga ada keterlibatan beberapa SKPD Kabupaten “ kata Abdullah ke Kapala DKP Morotai.

Dia mengungkapkan, pergelaran event direncakan dari tanggal 29 September hingga 2 Oktober  2016 tersebut merupakan buah kerja sama DKP Malut dengan komunitas Rumah Mancing Jakarta. “ jika tak ada aral melintang, kemungkinan event fishing Morotai dilaksanakan pada 29 September sampai 2 Oktober 2016 “ kata Abdullah   

Sementara Fauzi Momole, S.Pi menjelaskan, dalam event fishing Morotai akan dirangkaikan dengan beberapa bentuk kegiatan seperti Lomba Mancing (Fun Fishing), Lomba Masak Tingkat Provinsi, dan Expo Produk Olahan Perikanan, dan kemungkinan untuk acara puncaknya akan disisilingi acara live musik, kata Fauzi.

Bagi lomba mancing lanjut Fauzi, pihaknya berharap sebelum peserta menuju ke spot-spot penangkapan yang sudah ditentukan, Gubernur bisa berkesempatan hadir untuk melepas peserta mancing secara simbolis menuju ke spot penangkapan, kata Ozi sapaan karib Fauzi.

Berbeda dengan kedua Kabid lainnya, hal yang menjadi perhatian Hj. Musyrifah Alhadad (Kabid PRL, red) menjelang event adalah kesiapan lokasi, akomodasi dan tranportasi yang digunakan saat event berlangsung.   

Senada, Kepala DKP Kabupaten Pulau Morotai Muchlis Baay, S.Pi, M.Si saat menerima kedatangan tiga Kabid DKP Malut diruang kerjanya mengapresiasi keinginan DKP Malut umtuk mempromosikan potensi sumberdaya perikanan dan kelauatan Morotai melalui pergelaran event fishing Morotai. Menurutnya, ivent fishing Morotai ini menyerupai ivent Wonderful Morotai Island yang juga pada beberapa hari kedepan akan digelar oleh pemda Morotai. “ tapi mungkin tentativ pelaksanaannya saja yang berbeda, namun substansinya sama yaitu mempromosi potensi negeri bersejarah Morotai, kata Muchlis.

Menurutnya, dengan sudah dilibatkan DKP Morotai pada kepanitiaan, maka pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk turut serta membantu kerja-kerja persiapan panitia provinsi. Terutama fasilitas lokasi, akomodasi, dan transportasi demi memanjakan peserta, ujar orang nomor satu di DKP Morotai tersebut. (Tim PM/bm)

© MediaCenter MalutProv

Share :