Sinergitas Diskominfosan dan Denhubrem 152 dalam Penyiaran HUT RI KE- 75

AD
03 September 2020
180

Pelaksanaan upacara bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun 2020 di halaman kantor Gubernur Maluku Utara, tetap berjalan khidmat meski di tengah pandemi Covid-19. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan upacara 17 Agustus di halaman kantor Gubernur Maluku Utara tahun ini mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti pembatasan jumlah peserta upacara dan pengaturan jarak, serta pemakaian masker. Hal ini merupakan langkah preventif pencegahan penyebaran virus corona.

Dengan terbatasnya jumlah peserta, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan Detasemen Perhubungan Korem (Denhubrem) 152 membuat terobosan penyiaran melalui Chanel TV 152 milik Denhubrem 152, dengan tujuan mengajak aparatur sipil negara lingkup provinsi Maluku Utara serta masyarakat ikut memeriahkan HUT RI ke-75 secara daring. Dalam pelaksanaannya, siaran tersebut menggunakan media virtual zoom meeting yang disiarkan langsung oleh jaringan TV kabel lokal (PT. Kie Raha) agar dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Inovasi ini disambut baik oleh pimpinan daerah, ASN dan masyarakat yang dapat menyaksikan pengibaran sang saka merah putih dari rumah. Siaran langsung itu dipancarkanm dari halaman Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi (Pulau Halmahera) ke Kota Ternate (Pulau Ternate) yang berjarak 18 mill laut.

Lancarnya kegiatan tersebut, merupakan buah hasil kerja keras antara  Diskominfosan dan Denhubrem 152. Beberapa kendala masih terjadi seperti lemahnya sinyal internet dan minimnya alat pendukung peliputan upacara. Namun, hal ini tidak mengurangi semangat anggota peliputan untuk memberikan hasil yang maksimal. Sinergi ini diharapkan tetap terus terjalin dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang, sehingga pemerintah daerah dan TNI dapat terus berkolaborasi untuk terus berinovasi dalam pelayanan publik yang lebih baik ke depannya. Denhubrem 152 sendiri telah melakukan inovasi melakukan siaran pendidikan melalui chnael TV 152 untuk tingkat SMA dan SMP di Kota Ternate.***

© MediaCenter MalutProv

Share :